Cara Mudah Menanam Tomat Hidroponik

Gaya hidup sehat semakin digalakkan akhir-akhir ini. Apalagi setelah adanya wabah penyakit corona yang menyerang hampir seluruh kota di belahan dunia manapun. Untuk itu media berkebun online dengan hidroponik menjadi pilihan belajar yang tepat. Lantas apa itu hidroponik?

Pengertian Hidroponik

Cara Mudah Menanam Tomat Hidroponik

Secara pengertian hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang digunakan. Cara ini lebih efisien dibandingkan dengan tanah sebagai media utamanya.

Akhir-akhir ini banyak petani dan pelaku budidaya menggunakan cara hidroponik, ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Selain hasil yang sama sehatnya saat menggunakan tanah, daerah yang ingin berkebun namun kekurangan air juga tetap bisa mencobanya.

Budidaya Tomat Hidroponik

Salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik sederhana adalah tomat. Meskipun memiliki buah namun tetap masuk dalam keluarga sayuran, jadi jangan bingung lagi ya. Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang baik:

Persiapan Alat dan Bahan dengan Lengkap

karena tidak memakai media tanah maka Anda tidak memerlukan pot, polybag atau lahan area tanah yang luas hanya untuk media tanamnya. Cukup menyiapkan berbagai peralatan dan bahan yang nantinya digunakan untuk sistem hidroponik sumbu.

Media berkebun, alat dan bahan yang digunakan biasanya adalah tendon, pot, sumbu, media tanam, dan juga nutrisi sebagai elemen penting yang tidak boleh dilupakan. Komposisi yang bagus amat mempengaruhi tumbuh suburnya tanaman tersebut.

Penanaman Bibit Tomat

Setelah disemai dan biji tomat sudah tumbuh menjadi bibit, barulah bisa ditanam ke dalam media berkebun secara hidroponik. Maksimal umurnya kira-kira adalah 25 hari setelah proses semai. Lepaskan polybag atau media semai dengan hati-hati kemudian pindahkan ke media tanam hidroponik.

Proses pelepasan bibit semai amat penting agar tidak stress dan bisa tumbuh dengan baik. Setelah pemindahan selesai barulah dilanjutkan dengan pemberian dosis nutrisi pupuk dan pemeliharaan yang baik agar tetap tumbuh.

Selain cara hidroponik memang masih banyak cara lainnya, namun seiring dengan kemajuan teknologi yang ada hidroponik lebih menjanjikan dan bagus untuk kesehatan tanaman. Untuk informasi lebih banyak lagi, silahkan masuk ke laman media berkebun online