Marketing : Pengertian dan Jenis - Jenisnya 

Marketing atau pemasaran merupakan proses pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat luas. Mulai dari mengatur strategi hingga produk atau jasa tersebut berhasil dimanfaatkan serta dirasakan oleh masyarakat. Perkembangan teknologi saat ini membawa dampak positif bagi proses pemasaran. 

Marketing

Pemasaran sangat penting dalam bisnis, sebab tanpa hal ini maka kesulitan meningkatkan penjualan. Adanya pemasaran membuat masyarakat mengenal dan memahami tentang produk ditawarkan. Secara umum, strategi dibagi dua yaitu online dan offline. Namun, untuk jenisnya terdapat beberapa macam diantaranya sebagai berikut. 

1. Pemasaran SEO dan SEM

Pemasaran SEO artinya penjual harus memanfaatkan optimasi situs web supaya produk muncul di halaman pertama mesin pencari. Calon pembeli lebih mudah ditargetkan. Proses pemasaran ini bisa menjangkau lebih banyak target dari berbagai daerah.Marketing : Pengertian dan Jenis - Jenisnya 

Sementara itu, pemasaran SEM jika dipahami tidak jauh berbeda dengan SEO sebab digunakan pada website. Namun, search engine marketing lebih cenderung membuat produk atau jasa untuk muncul di urutan pertama mesin pencari. SEM dan SEO memiliki kaitan erat guna meningkatkan pengunjung ke website untuk mengetahui produk. 

2. Pemasaran Video

Pemasaran selanjutnya menggunakan video. Sekarang ini, Anda pasti tidak asing dengan media bernama video. Seperti promosi melalui Youtube atau Instagram, banyak penjual membuat video tutorial tentang produknya. 

Pemasaran jenis ini lebih mudah mempertahankan loyalitas pembeli. Misalnya membuat film tentang produk atau jasa. Jadi, bukan hanya untuk menambah konsumen tetapi juga berpeluang mendapatkan repeat order. 

3. Pemasaran Word of Mouth Marketing

Pemasaran mulut ke mulut sudah berlangsung sejak zaman dulu, bahkan sebelum pengguna mengenal yang namanya pemasaran online. Ketika konsumen membeli produk Anda, jika konsumen tersebut puas dari segi kualitas, harga dan pelayanan maka akan diinformasikan kepada teman-temannya. 

Artinya secara tidak langsung konsumen A melakukan promosi ke orang lain, yang bisa menjadi calon konsumen Anda juga. Sering kali pemasaran ini dilakukan secara sukarela tanpa Penjual memintanya. Karena itu, tingkatkan pelayanan, gunakan kualitas bagus dan harga yang cocok.

Dikutip melalui bisnisman.id itulah 4 jenis marketing cocok sekali diterapkan era digital sekarang. Pemilihan jenis pemasaran biasanya disesuaikan dengan kategori produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya untuk penjualan hijab, lebih cocok pemasaran video tutorial.

By Roni