Cara Mengatasi Kucing Lemas dan Muntah Tanpa Harus Ke Dokter

Cara Mengatasi Kucing Lemas dan Muntah Tanpa Harus Ke Dokter

Melihat kondisi kucing lemas dan muntah, pasti pemilik jadi panik dan was-was. Apalagi, jika kondisi tersebut terjadi lebih dari satu hari. Penyebabnya bisa secara medis maupun non medis. Dari segi medis, kucing yang tiba-tiba lemas terjadi akibat metabolisme tubuh yang bermasalah.

Penanganan Kucing Lemas dan Muntah

Anda tidak perlu panik apabila kucing terlihat lemas atau bahkan muntah. Kondisi kucing akan semakin parah apabila lingkungan disekitarnya tidak tenang. Lakukan beberapa hal berikut ini, sebelum memutuskan untuk membawanya ke dokter:

Cara Mengatasi Kucing Lemas dan Muntah Tanpa Harus Ke Dokter

1. Berikan Makanan Kesukaan

Berikan makanan yang disukai kucing. Pasalnya, makanan favorit, bisa memberikan stimulasi nafsu makan. Ini dijelaskan dalam website Pets.WebMD.com. Coba berikan dalam porsi kecil dan lihat respon anabul. Salah satu penyebab kucing jadi lemas karena tidak mau makan.

Bisa jadi karena pakan yang diganti secara tiba-tiba. Ada baiknya jika ingin mengganti pakan kucing, Anda harus mencampurkannya dengan pakan yang lama. Hindari untuk langsung memberikan pakan baru dalam jumlah banyak karena kucing harus beradaptasi terlebih dahulu.

2. Pastikan Kucing Tidak Dehidrasi

Kucing yang muntah dan lemas, sering kali mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan air minum berada di dekat kucing agar bisa dengan mudah diminum. Kucing akan kehilangan banyak cairan karena muntah sehingga membuatnya lemas.

Sediakan air pada wadah bersih dan dipastikan tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kuman lain. Sehingga tidak akan memperparah kesehatan anabul. Jika muntah terus menerus, coba siapkan oralit seperti Pedialyte seperti yang digunakan manusia.

3. Memberikan Minyak Kayu Putih

Kucing yang bebas berkeliaran di dalam atau di sekitaran rumah, bisa mengkonsumsi apapun yang menarik perhatiannya. Lihat kondisi sekitar tempat kucing bermain. Bisa jadi kucing memakan serangga atau hewan kecil lainnya yang tidak seharusnya dikonsumsi.

Selain itu, kucing yang kondisinya lemas, bisa saja disebabkan oleh cuaca dingin sehingga membuatnya masuk angin layaknya manusia. Anda bisa memberikan minyak kayu putih pada kulit kaki dan pastikan anabul tidak menggaruk bagian tubuh lainnya agar tidak merasa panas. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi kucing yang lemas dan muntah.

Anda juga harus memperhatikan kenapa kucing lemas dan muntah secara non medis di kucingku.id. Misalnya, lingkungan baru pindah, bosan atau ada peliharaan lain di dalam rumah. Perhatian dari pemiliknya juga jadi salah satu factor yang cukup kuat untuk menyembuhkan kucing dari stress yang dialami.