6 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya

Makanan khas Indonesia dan asalnya jika ditelusuri lebih lanjut sebenarnya sangat beraneka ragam. Tiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas dan tentunya tiap makanan memiliki citarasa tersendiri. Hampir semua masakan Nusantara ini terasa lezat karena dimasak dengan menggunakan berbagai bumbu rempah-rempah sehingga makanan terasa nikmat. Karena kelezatan makanan ini maka para wisatawan asing sampai tergiur dan suka dengan menu makanan khas Indonesia diantaranya sebagai berikut.

6 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya

1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Indonesia dari Sumatera Barat yang terkenal hingga dikenal
sampai ke luar negeri. Bahkan makanan ini pernah menempati posisi pertana dalam peringkat makanan terenak di dunia yang dilakukan oleh CNN. Makanan ini memiliki citarasa yang khas dengan bumbu rempah yang sangat kuat. Terlebih lagi daging yang dimasak dalam rendang ini biasanya empuk. Maka tak heran bila banyak orang baik dari dalam dan luar negeri yang sangat menyukai dan menikmati makanan ini.

2. Soto

Soto rupanya juga menjadi salah satu menu masakan khas Indonesia yang nikmat. salah satu resep makanan DI Indonesia ini ada beraneka ragam soto mulai dari Soto Lamongan dan Soto betawi hingga Soto Banjar dan Soto Kudus serta lainnya. Masakan ini identik dengan kuahnya yang tentu saja membuatnya menjadi santapan segar bagi siapa saja. Namun tentunya tiap daerah memiliki resep berbeda untuk pembuatan kuah dari masakan ini.

3. Sate

Sate merupakan makanan yang identik dengan tusukan daging. Jadi makanan ini berupa daging tusuk yang kemudian dimasak di atas arang.
Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk diolah hingga menjadi makanan Sate.Mulai dari daging ayam dan daging kambing hingga daging sapi dan kelinci. Sedangkan untuk sausnya biasanya digunakan saus kacang pedas yang tentunya akan semakin meningkatkan selera makan Anda. Biasanya sebelum dimasak daging yang digunakan akan direndam di dalam bumbu rempah terlebih dahulu. Anda bisa menikmatinya dengan menggunakan nasi atau lontong.

4. Gudeg

Gudeg yang berasal dari Yogyakarta juga menjadi menu masakan Nusantara yang memiliki citarasa khas tersendiri. Makanan ini sebenarnya terbuat dari bahan nangka muda yang kemudian dimasak dengan menggunakan santan.Rasanya manis dan enak sehingga kenikmatan makanan ini sangat populer.Sekarang siapa saja dapat menikmati makanan khas Indonesia ini. Bahkan sekarang ini Gudeg disajikan dalam bentuk kemasan agar bisa diekspor ke luar negeri.

5. Rawon

Ada pula makanan khas Nusantara yang juga memikat dan membuat penasaran yaitu Rawon. Makanan yang biasanya dihidangkan dengan nasi ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa daging sapi rebus. Makanan yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki warna hitam pekat sehingga tampak unik. Hal ini terjadi karena makanan ini dengan menggunakan keluwek. Namun tetap saja rasanya lezat terutama bila dimakan dengan menggunakan sambal.

6. Kerak Telor

Makanan khas Indonesia yang terakhir dibahas kali ini adalah Kerak Telor yang merupakan makanan khas suku Betawi. Makanan tradisional dari Jakarta ini hampir sejenis dengan nasi goreng. Namun makanan ini dimasak di atas arang. Makanan ini terbuat dari bahan ketan dan
telur sehingga cukup mengenyangkan. Hidangan ini berbentuk seperti omelet namun dilengkapi dengan isian bawang goreng dan juga kelapa parut.

Makanan khas Indonesia dan asalnya tentu bisa menambah referensi bagi Anda para pecinta kuliner.Kelezatan masakan tanah air memang tak tertandingi dan selalu mengesankan. Karena itu sayang rasanya jika tidak sempat mencicipinya.